Sekitar akhir bulan januari 2020 lampu indikator kuning di meteran listrik berkedip sebelumnya belum pernah terjadi. Karena merasa awam akan pengetahuan kelistrikan mulai dilakukan upaya mencari artikel tentang masalah tersebut..

dari mulai membaca artikel di;

Mulai di telusuri jaringan di dalam rumah yang minimal tersambung antara Arus (+) dan Netral (-), hasil penelusuran tidak ada kabel yang tersambung atau konslet, akan tetapi lampu indikator tetap menyala, kondisi ini di biarkan sampai muncul tagihan pada bulan maret  2020 naik..dan seperti biasa di bayar sebelum tanggal 5 setiap bulannya, bulan berikutnya april 2020 tagihan naik kembali lebih dari bulan sebelumnya dan tetap di bayar sebelum tanggal 5, sampai bulan mei 2020 tagihan diluar dugaan karena teramat besar sehingga sampai batas waktunya belum di bayar.

Tanggal 30 Mei 2020, datang petugas untuk menagih pembayaran., dan disampaikan kepada petugas bahwa sengaja tidak dibayar karena tagihan naiknya luar biasa dimana kondisi jarang dipakai, dan disampaikan kepada petugas bahwa lampu indikator berwarna kuning berkedip..petugas hanya menjawab “Biasa terjadi pak,  mungkin jaringan atau instalasi di dalam rumah bermasalah”,

Sebagai pelanggan, tentunya meminta petugas untuk memeriksa, apakah ada kemungkinan masalah di KWH Meter?, pengecekan dilakukan ;

  • Mematikan MCB pembagi yang ada di dalam rumah
  • Mematikan MCB KWH meter

Dari kedua test tersebut lampu indikator merah tetap berkedip,(KWH tetap menghitung pemakain), atas kejadian tersebut petugas menyarakan untuk melaporkan ke 123, dan telah dilaporkan baik melaui telepon ataupun lewat email.

Tanggal 02 Juni 2020, datang petugas memeriksa kondisi KWH dengan melakukan beberapa tes;

  • MCB dalam rumah di matikan
  • MCB KWH dimatikan (Hasil tes sama seperti sebelumnya KWH tetap menghitung)
  • Mengukur arus masuk dengan Tang Ampere hasil yang di dapat normal (Menurut Petugas)
  • Mengukur kabel netral (-) hasil yang di dapat 1.7 A (Kondisi MCB KWH tetap dimatikan) bisa di artikan ada pemakain sekitar 374 Watt
  • Mencabut Kabel Arus (+) dari meteran dan mengukur kabel Netral (-) hasil yang di dapat menunjukan 1.8A  dan KWH Meter tetap Berjalan (lampu indikator merah berkedip) bisa di artikan ada pemakaian sekitar 396 Watt

Petugas menyimpulkan bahwa hal ini disebabkan karena jaringan di dalam rumah kurang baik, dan hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab petugas, karena petugas hanya bertanggung jawab dari kabel jaringan sampai dengan KWH Meter.

Petugas menyarankan untuk menelusuri dan memeperbaiki  jaringan di dalam rumah dan memastikan bahwa ada kabel yang terhubung atau Konslet.

Atas kejadian ini..mungkin ada baiknya seperti artikel-artikel lain..bahwa jaringan di setalah KWH meter harus betul betul baik agar tidak terjadi masalah.